Brand association merupakan segala kesan yang muncul dan terkait dengan ingatan konsumen mengenai suatu merek. Brand association mencerminkan pencitraan suatu merek terhadap suatu kesan tertentu dalam kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut, produk, geografis, harga, pesaing, selebriti dan lain-lainnya.
Berbagai brand association yang saling berhubungan akan membentuk suatu rangkaian yang disebut brand image, semakin banyak assosiasi yang saling berhubungan, maka semakin kuat brand image yang dimiliki merek tersebut. Image merek yang baik sangatlah penting dimata konsumen, karena dapat menjadi value added dalam pengambilan keputusan pemilihan merek.
Brand association dapat membantu meningkatkan brand equity. Beberapa value yang dihasilkan oleh brand association sehingga dapat membangun brand equity yaitu:ociation
• Membantu proses penyusunan informasi merek.
Dengan keunggulan dan keunikan yang ditawarkan A mild pada konsumen, akan membantuntu penyusunan informasi terhadap merek. Misalnya Amild sebagao rokok yang menggambarkan pribadi yang berjiwa muda, menyukai music dan entertainment. A mild sebagai rokok yang menawarkan cara merokok yang lebih sehat, dsb. Asosiasi yang diciptakan oleh A mild tersebut akan saling terhubung, dimana semakin banyak asosiasi yang tercipta di benak konsumen tentang A mild akan memperkuat ekuitas brandnya dalam memory konsumen.
• Membedakan merek tersebut dengan merek lainnya.
Dengan adanya perbedaan yang dimiliki oleh sebuah produk menyebabkan produk itu selalu diingat oleh konsumen, semakin produk itu diingat semakin kuat pula posisinya di hati konsumen dibangdingkan produk lain yang sejenis. Salah satu keunikan A mild yang yaitu merupakan rokok pertama yang dikemas dengan ukuran keliling lingkaran rokok 22 mm dan panjang rokok 90 mm. selain itu, jika mayoritas rokok identik dengan pola hidup kurang sehat karena kandungan tar dan nikotinnya, maka A mild berhasil memenuhi keinginan perokok yang ingin menerapkan pola hidup sehat.
• Sebagai alasan konsumen untuk membeli
Dengan bebeerapa alas an terkait dengan informasi A mild yang tercipta dalam persepsi konsumen, membuat A mild lebih berarti di hati mereka dibandingkan merek produk rokok lain pada umumnya.
• Menciptakan sikap positif terhadap merek tersebut.
Dengan keunggulan-keunggulan serta keunikan yang dimiliki oleh A mild menciptakan sebuah image positif yang kuat di benak konsumen. Dengan image positif ini tentunya akan mendorong sikap yang positif pula tentang bagaimana penilaian konsumen terhadap A mild dan bagaimana pola perilaku mereka pada produk ini. Dengan adanya citra positif, kemudian dilanjutkan dengan tindakan sebuah tindakan. Lalu ada kepuasan dan didapat, dan dari kepuasan ini tercipta sebuah kepercayaan. Dari prose situ tercipta sebuah loyalitas yang tinggi pada diri konsumen untuk selalu setia pada A mild dan enggan untuk berpindah pada merek lain.
• Sebagai landasan untuk melakukan brand expansion.
Melalui kekuatan asosiasi yang dicptakan oleh sebuah brand sehingga menciptakan image yang mapan pada brand itu di hati konsumen, akan member kemudahan untuk melakukan variasi produk (brand expansion) berdasarkan pada selera pasar. Brand eks pansion ini yang menjadi mudah dengan adanya image yang kuat yang menjadi dasar dari ekspansi ini. Sehingga meskipun ada variasi produk, maka karakter produk akan tetap tertanam kuat pada loyalty consumer-nya. Brand tersebut juga tidak perlu khawatir kehilangan consumer mereka dengan adanya perluasan ekstensi produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar